Cara Menginstall WordPress di DirectAdmin

Hai, Sahabat Hosting Friends!

Melalui tutorial ini, kami akan memberikan tutorial bagaimana cara menginstall WordPress di hosting yang sudah anda beli di Sahabat Hosting. Di akhir panduan ini, kami berharap Anda sudah bisa menginstall salah satu platform terbaik ini di berbagai platform yang dikehendaki.

WordPress adalah software open source gratis yang dapat diinstall melalui akun hosting Anda. Umumnya para webmaster menggunakan WordPress untuk membuat berbagai jenis website. Mulai dari blog sederhana hingga situs e-commerce yang kompleks – apa pun dapat Anda buat di WordPress.

WordPress sangat mudah digunakan. Karena mudah dan serbaguna, WordPress menjadi salah satu CMS terpopuler dan paling banyak digunakan. Alasan lain yang membuat WordPress menjadi sangat terkenal di kalangan user dan developer adalah proses install atau setupnya yang mudah.

Berikut langkah-langkah menginstall WordPress di Hosting anda.

Login ke panel hosting

Setelah anda melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi pembayaran untuk hostingnya, maka hosting pesanan anda akan aktif secara otomatis. Setelah aktif, anda akan mendapatkan email yang berisikan informasi login akun hosting anda.

Di dalam email tersebut anda akan mendapati akun login ke DirectAdmin panel. Silakan akses panel anda dengan mengakses namadomainanda.com:2222, lalu masukan username dan password yang ada di email tersebut.

Memulai menginstal WordPress

Ketika anda berhasil login ke DirectAdmin panel anda, maka langkah selanjutnya adalah memulai menginstal WordPress secara otomatis.

Berikut cara install WordPress:

  1. Setelah masuk ke DirectAdmin Panel, cari dan klik ikon WordPress.
  2. Layar install Softaculous WordPress akan muncul. Di layar ini Anda akan melihat berbagai pengaturan:
    • Choose Protocol – Pilih protokol untuk situs WordPress Anda. Jika sudah lebih dulu menginstall dan mengaktifkan SSL, maka kami sarankan agar Anda menginstall WordPress di protokol HTTPS.
    • Choose Domain – Pilih subdomain atau add-on domain yang Anda punya di cPanel.
    • In Directory – Masuk ke direktori install WordPress. Kosongkan pengaturan ini jika Anda hendak install WordPress di root nama domain.
    • Site Name – Buat nama untuk situs WordPress.
    • Site Description – Tulis deskripsi situs.
    • Enable Multisite – Di sini Anda bisa memilih apakah ingin mengaktifkan Multisite WordPress atau tidak. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat banyak situs berbasis WordPress dengan menerapkan langkah install WordPress yang sama.
    • Admin Username – Pilih username untuk akun administrator.
    • Admin Password – Password untuk akun administrator WP.
    • Admin Email – Masukkan alamat email. Pastikan email yang digunakan adalah email bisnis atau email kantor karena dengan email ini, Anda akan memakainya untuk mengirimkan notifikasi dan juga permintaan atur ulang password.
    • Select Language – WordPress menawarkan berbagai pilihan bahasa. Pilih bahasa yang hendak digunakan.
    • Select Plugins – Pilih plugin yang ingin Anda install dan gunakan.

3. Klik Install, dan Softaculous akan memulai proses install WordPress.

Di tutorial ini Anda sudah mempelajari cara install WordPress secara otomatis dengan mudah. Menginstall WordPress hanyalah satu dari sekian langkah serta proses dalam perjalanan Anda sebagai pemilik website.

Mulailah mengelola website dengan menginstall tema WordPress terlebih dulu. Pilih tema yang sesuai dan mampu merepresentasikan situs Anda secara keseluruhan.

Selamat berkarya dan sukses! Jika mengalami kesulitan silakan kontak CS kami via fitur chat di situs kami.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like