Tips Membangun Website untuk UMKM Agar Sukses dan Diminati

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jadi salah satu sektor paling terdampak selama pandemi. Namun perlahan sektor ini mulai bangkit dengan adanya dukungan teknologi. Banyak pelaku UMKM yang mulai mengalihkan usaha mereka yang semula offline menjadi online. Hingga Maret 2021 ada sekitar 4,8 juta UMKM yang beralih ke digital.

Beralih ke digital bukan berarti kita bisa menikmati hasilnya begitu saja. Banyaknya pesaing di sektor yang sama membuat kita harus lebih aktif dan kreatif. Selain usaha yang sudah kita jalankan, salah satu modal utama agar bisa sukses sebagai UMKM digital adalah memiliki aset digital. Bisa berupa website maupun media sosial.

Alasan UMKM Go Online

Anda mungkin masih ragu untuk beralih menjadi UMKM online. Padahal ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya. Untuk meyakinkan Anda, berikut beberapa alasan Anda perlu menjadi UMKM go online, yaitu:

Memperluas Jangkauan

Jangkauan internet di Indonesia tahun 2021 sudah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. Ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda jika segera beralih ke digital. Anda bisa menentukan target pasar yang lebih spesifik, sehingga bisnis Anda bisa menyasar orang yang tepat dan tentunya dapat meningkatkan penjualan.

Terlihat Lebih Profesional

Saat ini untuk terlihat profesional tidak hanya dengan memiliki kantor atau toko fisik, tapi juga memiliki website dan media sosial. Orang-orang akan lebih mudah menemukan dan percaya dengan bisnis Anda. Ketika bisnis Anda dapat meyakinkan konsumen, maka penjualan bisa ditingkatkan dengan mudah.

Biaya Operasional Lebih Murah

Sudah bukan rahasia bahwa dengan beralih ke digital, Anda bisa menekan biaya operasional. Biaya tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Dengan menjadikan UMKM Anda berjalan secara online, Anda bisa mengurangi biaya iklan konvensional yang jumlahnya cukup besar.

Pertumbuhan Lebih Cepat

Hampir semua orang saat ini terhubung ke internet. Mereka mencari informasi dan berbagai hal yang diperlukn melalui internet. Jika Anda bisa hadir di tengah-tengah mereka secara online, bisnis Anda dapat berkembang dengan lebih cepat. Apalagi jika Anda bisa memaksimalkan peluang ini dengan sangat baik.

Tips Membangun Website untuk UMKM

Anda mungkin mulai mempertimbangkan membangun website untuk UMKM yang sedang Anda jalankan. Namun sebelum itu, ada baiknya ada menyimak tips membangun website untuk UMKM berikut ini:

1. Pilih Tampilan yang Tepat

Pada website tampilan disebut juga sebagai template atau theme. Anda bisa mendapatkan theme yang sesuai secara gratis maupun berbayar. Namun yang perlu diperhatikan adalah tampilan yang Anda pilih harus sesuai dengan bisnis Anda. Mudahnya apa yang ingin Anda tampilkan ke pengunjung bisa tercapai melalui tampilan tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting ialah memperhatikan user experience atau pengalaman pengguna. Tampilan yang Anda pilih harus mudah dipahami oleh pengunjung. Sehingga mereka tidak kebingungan ketika membuka website Anda.

Pemilihan tampilan yang salah dapat bukan hanya berpengaruh pada jumlah kunjungan, tapi juga dapat berdampak buruk pada brand Anda.

2. Pertimbangkan Fitur dan Konten Multimedia

Beberapa bisnis tertentu mungkin memerlukan fitur dan konten penunjang khusus. Tapi Anda perlu pastikan bahwa fitur tersebut benar-benar penting dan berguna bagi pengunjung. Selain itu Anda juga bisa pertimbangkan penggunaan multimedia seperti video, grafis dan semacamnya yang dapat mendukung bisnis Anda.

3. Pastikan Website SEO Friendly

Untuk dapat bersaing dengan UMKM lain, website Anda harus SEO friendly. Maksudnya website tersebut harus ramah di mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lain. Jika bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari, peluang Anda untuk semakin dikenal dan meningkatkan penjualan akan semakin besar.

Sebagai permulaan Anda bisa pastikan struktur website dan konten yang tersedia sudah memenuhi standar SEO (Search Engine Optimization). Jika hal tersebut sudah terpenuhi, maka nantinya proses optimasi akan sedikit lebih mudah.

4. Maksimalkan Media Sosial

Meski website Anda sudah memiliki traffic yang tinggi, penggunaan media sosial tetap harus Anda pertimbangkan. Sebab sebagian besar pengguna internet juga mengakses media sosial. Tidak terkecuali di Indonesia. Kehadiran bisnis Anda di sosial media populer akan membuat jangkauan Anda semakin luas dan mudah ditemukan.

Dengan begitu media sosial dan website yang sudah Anda miliki akan saling melengkapi.

5. Gunakan Layanan yang Tepat

Hal terpenting dari semua persiapan ini adalah memilih layanan hosting dan penyedia domain terbaik. Menggunakan cloud hosting dari layanan terpercaya akan membuat website Anda berjalan dengan baik. Ketika mengalami kendala, Anda bisa menghubungi customer service untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Anda juga bisa meminta rekomendasi layanan yang cocok dengan bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan UMKM Anda.

Kesimpulan

Pandemi memaksa banyak orang untuk segera beradaptasi. Tidak terkecuali bagi mereka yang bergerak di bidang bisnis, khususnya para pelaku UMKM. Selama pandemi, semakin banyak UMKM digital yang bermunculan, membuat persaingan semakin ketat. Jika tidak cepat mengambil keputusan, maka akan sulit untuk bertahan.

Membuat website jadi salah satu solusi terbaik untuk melakukannya. Dengan adanya website, Anda sudah mulai beralih ke digital dan menjadi UMKM online. Langkah selanjutnya adalah melakukan pengembangan dan mulai memenangkan persaingan.

Intip paket pembuatan website UMKM di sahabathosting.com/website ya ­čśÇ

24 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like