Panduan Mudah Cek Resolve DNS Domain

Dengan menjamurnya didirikan perusahaan web hosting di Indonesia, Anda pasti banyak ditawarkan domain murah dengan berbagai macam fasilitas yang cukup menggiurkan. Tak heran jika Anda pun mulai melirik peluang membuat website dari berbagai niche dengan tujuan berbeda-beda. Entah website tersebut akan dijadikan ladang bisnis, hobi, atau sekadar hiburan melepas penat.

Tidak menjadi masalah apa pun tujuan Anda membuat website dengan domain berbayar. Namun Anda perlu tahu, bahkan memastikan membeli domain pada perusahaan web hosting terpercaya, misalnya sahabathosting.com yang menawarkan harga ramah kantong sekaligus pelayanannya full support 24 jam.

Setelah berhasil membeli domain, langkah yang wajib Anda lakukan selanjutnya adalah resolve domain, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah domain yang Anda beli sudah resolve di negara-negara besar lainnya selain Indonesia.

Nah, Apa itu Resolve Domain? Dan bagaimana cara mengecek Resolve Domain? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Apa Itu Resolve Domain?

Sebagian dari Anda pastinya agak awam mendengar istilah resolve domain. Tapi tenang, Anda akan paham setelah membaca artikel ini.

Resolve domain sederhananya adalah pembaruan domain dengan nama server yang baru (DNS). Atau mudahnya lagi, Resolve domain biasa disebut sebuah proses agar IP server domain dikenali oleh internet. Biasanya, resolve domain terjadi saat setelah Anda melakukan pembelian domain di mana masa pengaktifan bisa berlangsung selama 24-48 jam. Selain itu, resolve domain bisa terjadi ketika adanya update pada sistem DNS, misal menambah sub domain, addon domain dan lain sebagainya.

Lantas, kenapa Resolve domain itu penting diketahui?

Karena jika domain belum resolve, maka akan sering kejadian domain Anda tidak muncul atau tidak bisa ditemukan di halaman pencarian google. Nah, apabila kondisi seperti ini terjadi pada Anda, maka sebaiknya menunggu sampai proses resolving domain selesai.

Panduan Cek Resolve DNS Domain

Setelah Anda paham apa itu resolve domain, saatnya Anda mengetahui cara untuk resolve domain itu sendiri. Berikut langkah pengecekan yang bisa Anda coba!

Pertama, silakan Anda mengakses situs https://whatsmydns.net

Setelah berhasil akses situs di atas, silakan memasukkan alamat domain pada kolom seperti gambar berikut. Lalu, tekan ‘search’.

Kedua, setelah itu whatmydns akan memeriksa domain Anda, kira-kira sudah berhasil resolve ke IP mana saja.

Setelah itu, Anda akan ditunjukkan adanya dua tanda, yaitu tanda ceklis berwarna hijau dan silang merah. Artinya, ceklis hijau menunjukkan domain Anda sudah resolve di negara yang tertera. Apabila silang merah, artinya domain Anda tidak terdeteksi di sana. Berikut adalah contoh ketika domain Anda berhasil resolve di semua negara.

Cukup mudah dipahami, bukan?

Tetapi perlu diketahui juga, jika domain Anda tidak menunjukkan hasil penelusuran di whatsmyDNS, artinya domain Anda belum resolve. Untuk itu, Anda perlu melakukan resolve domain di penyedia web hosting yang Anda beli. Ingat, masa resolve domain membutuhkan waktu yang berbeda-beda, ya. Normalnya adalah 2×24 jam dan jika lebih dari waktu tersebut, silakan hubungi provider domain agar diperiksa kembali.

Silakan dicoba. Jika Anda mengalami masalah resolve domain. Dan apabila masih saja ada masalah berlanjut, jangan lupa untuk menghubungi layanan customer support kami. Selamat mencoba!

20 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like