Mengenal Clubhouse, Aplikasi Obrolan Suara yang Ramai Dibicarakan

Berbicara soal inovasi, teknologi yang kita nikmati saat ini dihasilkan oleh para pegiat IT yang ada di sejumlah perusahaan teknologi ternama. Sebut saja Apple yang selalu berinovasi melalui berbagai lini produk serta layanan yang mereka miliki. Belum lama ini Apple kembali meluncurkan layanan terbarunya yang disambut hangat oleh banyak orang.

Sebagai sebuah perusahaan IT ternama, Apple memang sudah memiliki basis pengguna yang solid. Setiap peluncuran produk terbaru Apple selalu disambut antusias oleh para penggunanya. Termasuk kehadiran aplikasi bernama Clubhouse yang baru-baru ini ikut meramaikan dunia live streaming.

Kita tentu sudah tidak asing dengan audio streaming bernama Podcast. Ini sebenarnya juga diperkenalkan oleh Apple awalnya, namun kini booming kembali dengan format yang lebih menarik dan segar. Bahkan beberapa Podcaster memilih YouTube sebagai platform untuk berbagi Podcast yang mereka miliki.

Selain itu kita juga tetap bisa menikmati Podcast di berbagai layanan audio streaming seperti Apple Music, JOOX, Spotify dan masih banyak lagi layanan serupa lainnya. Kemunculan Clubhouse disebut-sebut akan membawa Podcast ke level yang lebih tinggi lagi.

Apa Itu Clubhouse?

Clubhouse adalah media sosial berbasis audio chat yang dikembangkan oleh Alpha Exploration Co. berbeda dengan media sosial pada umumnya, konten utama clubhouse adalah audio. Sehingga aplikasi ini juga bisa dikategorikan sebagai platform audio streaming.

Untuk bisa bergabung ke Clubhouse, pengguna perlu mendapatkan undangan khusus dari seseorang yang sudah lebih dulu bergabung ke aplikasi ini.

Dirilis pertama kali pada April 2020, Clubhouse memungkinkan penggunanya saling berdiskusi mengenai sebuah topik secara live di sebuah “Room” khusus.

Pengguna Clubhouse semakin meningkat ketika sejumlah orang ternama membagikan percakapan mereka di Clubhouse ke media sosial. Salah satunya adalah Elon Musk yang mulai menggunakan aplikasi ini sejak Februari 2021, ia terlihat melakukan percakapan dengan beberapa orang seperti Keyne West dan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Di Indonesia penggunaan Clubhouse juga mulai marak. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pebisnis dan pengguna iPhone yang penasaran dengan teknologi yang ditawarkan Clubhouse.

Cara Kerja Clubhouse

Meski masih dalam tahap pengembangan, aplikasi Clubhouse begitu menarik perhatian banyak orang dengan keunikan dan eksklufivitas yang ditawarkan. Namun pihak pengembang menyebut bahwa pada tahun 2021 ini mereka akan merampungkan Clubhouse agar bisa digunakan secara global.

Bagi Anda yang penasaran dengan cara kerja Clubhouse, berikut gambaran penggunaan Clubhouse saat digunakan.

  • Seseorang harus mengirimkan undangan kepada Anda agar bisa bergabung dan membuat akun.
  • Undangan yang Anda dapatkan berisi tautan yang mengarah ke halaman registrasi.
  • Pengguna yang sudah bergabung memiliki jumlah undangan yang terbatas.
  • Pengguna hanya bisa bergabung ke sebuah percakapan secara live.
  • Percakapan yang dilakukan tidak bisa disimpan.
  • Orang yang masuk dalam daftar tunggu, tidak memiliki jaminan bisa langsung menggunakan aplikasi.

Manfaat Menggunakan Clubhouse

Menghadirkan tren jejaring sosial yang unik, Clubhouse memiliki beberapa manfaat yang membuat aplikasi ini semakin menarik, yaitu:

1. Belajar Langsung dari Para Expert

Pengguna aplikasi yang dibatasi untuk kalangan tertentu membuat percakapan di Clubhouse semakin menarik. Pasalnya ada banyak expert di bidang tertentu yang bergabung ke aplikasi ini. Menariknya lagi, banyak dari mereka yang tidak segan membagikan ilmu yang dimiliki dengan pengguna lain lewt percakapan yang dilakukan.

2. Memperluas Pengetahuan

Ada banyak orang dengan berbagai latar belakang di Clubhouse. Itu membuat kita bebas memilih ingin mengikuti siapa dan bergabung ke percakapan yang membahas tema tertentu. Hingga saat ini Clubhouse masih lebih banyak digunakan untuk saling berdiskusi berbagi pengetahuan dan pengalaman.

3. Menambah Pertemanan

Layakanya media sosial pada umumnya, di Clubhouse kita juga bisa saling follow untuk mengikuti obrolan orang lain. Kita bisa memilih orang yang akan diikuti berdasarkan Bio yang mereka tampilkan. Itu memudahkan kita menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan bidang yang kita minati.

4. Memiliki Teman Diskusi

Menghadirkan ruang diskusi berbasis audio membuat Clubhouse direkomendasikan oleh banyak orang. Karena kita bisa mengikuti berbagai obrolan menarik secara live. Selain itu kita juga bisa mengemukakan pendapat dan berkomentar langsung dalam diskusi yang berlangsung.

5. Melatih Public Speaking

Clubhouse menawarkan pengalaman berbeda dengan media sosial lainnya, yaitu menggunakan audio base. Di mana semua interaksi yang terjadi mengandalkan suara dan kemampuan berbicara di depan umum. Terutama jika kita menjadi “Host” di sebuah Room diskusi yang kita miliki. Bisa dibilang semua orang adalah Host di Clubhouse dan Room yang mereka kelola.

Kesimpulan

Saat ini semakin banyak media sosial yang bermunculan. Masing-masing menawarkan keunggulan dan keunikan tersendiri. Seperti Clubhouse yang diluncurkan oleh Apple dan dipopulerkan oleh Elon Musk bersama sejumlah tokoh populer lainnya.

Uniknya, Clubhouse menawarkan sesuatu yang berbeda dari jejaring sosial populer lainnya. Aplikasi ini menawarkan percakapan berbasis audio layaknya sebuah Podcast. Namun sayangnya aplikasi ini masih terbatas untuk pengguna iPhone. Meski begitu, pihak pengembang aplikasi menyebut aplikasi ini juga akan tersedia secara global.

Kehadiran Clubhouse tentu menjadi sebuah peluang baru bagi Anda yang memiliki bisnis online dan bergerak di bidang IT. Untuk mendukung bisnis Anda, Sahabat Hosting memiliki layanan cloud hosting terbaik yang bisa disesuaikan dengan berbagai keperluan website Anda.

86 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like