Cara Mengubah Blogspot menjadi Domain Sendiri

Pendahuluan

Blogspot merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan karena penggunaan yang mudah dan menggunakan Hosting Gratis dari Google. Walaupun gratis, akan tetapi Blogspot juga memiliki kekurangan. Blog yang dibuat dengan platform ini menggunakan subdomain sebagai alamatnya.

Penggunaan subdomain pada blog tentunya akan membuat nama blog Anda menjadi panjang dan kurang terlihat menarik, sehingga mengurangi kredibilitas blog Anda. Akan tetapi Anda bisa menggantinya dengan nama domain.

Mengganti nama domain di Blogspot secara manual memang melalui proses yang panjang, tapi mudah untuk dipraktikkan. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

Login Clien Area

Langkah pertama yaitu, buka https://my.sahabathosting.com/clientarea.php pada web browser. Lalu masukkan email dan password anda. Email dan password ini merupakan akun anda pada saat register di Sahabat Hosting sebelum pembelian domain maupun hosting.

Memilih Domain yang Ingin Dicustom

Setelah berhasil login, Anda akan diarahkan ke halaman client area. Pada halaman ini Anda dapat mengelola semua produk yang telah Anda beli sebelumnya. Karena kali ini Anda akan melakukan custom domain, maka silakan klik TabDomains. Kemudian klik tanda kunci pada domain yang ingin Anda custom.

Mengarahkan IP Domain ke IP Server Google

Setelah klik tanda kunci, Anda akan diarahkan ke halaman pengelolaan domain. Pada halaman pengelolaan domain, silakan Anda klik TabDNS Management, nanti Anda akan diarahkan ke halaman DNS Zone, silakan klik start untuk mulai mengaktifkan DNS Zone.

 

Jika sudah di klikstart, maka akan muncul tampilan seperti ini. Nah, silakan klikupdate terlebih dahulu, setelah itu baru klik add new record.

klik add new recorduntuk memasukkan deretan IP Google. Jenis record yang dipilih adalah A Record. Masukan IP address berikut satu per satu pada kolom IP or Hostname.

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Melakukan pengaturan di akun Blogspot

Langkah selanjutnya, buka tab baru pada browser, ketikkan www.blogger.com. Kemudian login menggunakan akun blogger Anda. Pilih Setelan kemudian klik Domain Kustom.

Setelah klik Domain Kustom, nanti akan muncul pop up input nama domain.  Tuliskan nama domain yang ingin Anda kustom yang diawali dengan www, lalu klik Simpan.

 

Setelah klik simpan maka akan muncul pesan error, dimana di dalam pesan error tersebut terdapat 2 CNAME yang harus Anda inputkan ke DNS Management. 

Menginputkan CNAME Record ke DNS Management

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menginputkan CNAME record pada halaman DNS Management client area Sahabat Hosting. Silakan klik add new record, jenis record yang dipilih adalah CNAME record.

Setelah itu kembali lagi ke akun blogspot Anda, lalu silakan klik Simpan.Bila masih tidak bisa, mohon bersabar karena mungkin masih dalam proses propagasi dengan DNS Anda yang dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jika lebih dari 24 jam juga belum bisa dilakukan, maka mungkin terdapat kesalahan pada pengaturan Anda dan silakan coba lagi untuk yang kedua kali.

Jika proses Simpan sudah berhasil, maka alamat blogspot Anda sudah otomatis berganti menjadi domain Anda sendiri. Masih bingung? Bisa hubungi Tim Sahabat Hosting via chat yang siap melayani anda 24/7.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like