Cara Menghilangkan Spam Komentar Menggunakan Google ReCaptcha

Pada umumnya, WordPress menyediakan pengunjung untuk menuliskan komentar pada kolom yang telah disediakan pada masing-masing postingan. Akan tetapi, penguna WordPress sering kali menemukan banyaknya komentar yang nama-namanya tidak jelas atau yang biasa di sebut Spamm Comment.

Selain bikin pengguna WordPress kesal, tentunya komentar spam ini akan berdampak buruk pada performa blog WordPress karena dapat mengakibatkan naiknya bandwidth dan resource hosting, bahkan bisa memengaruhi posisi ranking situs Anda di mesin pencarian.

Nah, pada kesempatan ini, Tim Sahabat Hosting akan memberikan tips bagaimana cara mencegah dan menghilangkan spam comment di WordPress menggunakan Simple Google ReCaptcha.

1. Silakan login ke administrator WordPress dan buka menu Plugins.

2. Cari dan instal plugin Simple ReCaptcha Integration.

3. Setelah instalasi berhasil dilakukan, buka halaman Pengaturan >> Google  reCAPTCHA

4. Untuk mulai menjalankan ReCaptcha, Anda harus mendapatkan Site key dan Secret key dari Google terlebih dahulu. Klik register your domain dan Anda akan diarahkan ke halaman Google ReCaptcha. Anda harus memiliki akun Google untuk masuk ke halaman ini.

5. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman register nama domain. Silakan isi label, jenis reCAPTCHA, nama domain seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik submit.

6. Register nama domain selesai. Site key dan Secret key untuk WordPress Anda telah berhasil dibuat.

7. Salin kedua key tersebut dan kembali ke halaman Pengaturan >> Google  reCAPTCHA. Paste key sesuai dengan kotak isian di bawah ini.

 

8. Selesai! Anda sudah berhasil mengaktifkan Google ReCaptcha. Kini para pengunjung website Anda harus menyelesaikan tantangan ReCaptcha terlebih dulu sebelum mengirim komentar.

Kesimpulan

Komentar spam berdampak buruk pada performa blog WordPress karena dapat mengakibatkan naiknya bandwidth dan resource hosting, bahkan bisa memengaruhi posisi ranking situs. Oleh karena itu, kita harus mencari cara agar hal tersebut tidak terjadi. Salah satunya mencegah komentar spam menggunakan plugin Simple ReCaptcha Integration. 

Selamat praktik dan semoga sukses 😀

17 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like