Cara Cepat dan Mudah Mengatasi 504 Gateway Timeout Error pada WordPress

Sebagai pelaku digital, ada kalanya Anda mengalami masalah error 504 gateway time out saat membuka halaman sebuah situs web. Biasanya, tampilan di handphone atau desktop Anda berwarna putih kosong. Ini artinya, situs Anda menandakan ada sebuah kesalahan.

Tetapi Anda tidak perlu panik dan khawatir, karena masalah error tersebut bukan murni kesalahan Anda. Biasanya masalah seperti ini disebabkan oleh beberapa gangguan, seperti gangguan pada penyedia layanan internet, penggunaan data akses yang tidak seimbang, tidak cukup PHP workers, maupun koneksi internet pada computer Anda.

Di dunia website, kode status 504 gateway time out error bisa dibilang jarang terjadi. Berbeda dengan error 500 internal server dan error 502 bad gateway. Tetapi sekalinya terjadi menjadi sesuatu yang menyebalkan.

Apalagi jika saat error terjadi, ternyata Anda sedang mencari sebuah informasi penting yang sangat dibutuhkan. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, artikel dari Sahabat Hosting ini akan menjelaskan tentang apa itu 504 gateway time out error? Apa penyebabnya? Sekaligus bagaimana sih cara cepat dan mudah mengatasi 504 gateway time out error? Yuk, simak!

Apa Itu 504 Gateway Time Out Error?

Sederhananya, 504 gateway time out error adalah kode status HTTP yang ingin menunjukkan bahwa web server tidak menerima respon dengan tepat waktu dari server lainnya yang mengakses via peramban. Dengan kata lain, server yang menampung website Anda tidak bisa berkomunikasi dengan cepat, atau server tidak merespon dengan baik permintaan dari browser.

Kira-kira apa dampak dari 504 gateway time out error pada website Anda?

Tentu saja dampak paling kentara adalah menurunnya visitor secara drastis, kehilangan pelanggan, dan reputasi website tidak bagus. Oleh karenanya 504 Gateway time out ini bisa dikatakan masalah cukup urgent dan harus segera ditangani jika terjadi pada platform WordPress Anda.

Untuk penyampaian keterangan error 504 pun beragam, seperti:

  • 504 Gateway Timeout
  • HTTP 504
  • 504 Error
  • Gateway Timeout (504)
  • HTTP Error 504-Gateway Timeout
  • Gateway Timeout Error

Namun yang paling sering muncul dari beberapa keterangan error di atas adalah Gateway Timeout atau Error 504 di halaman browser Anda.

Cara Mengatasi 504 Gateway Time Out Error.

Ada beberapa cara mudah dan cepat untuk mengatasi 504 Gateway Time Out Error di wordpress. Silakan Anda coba 5 langkah berikut!

1. Bersihkan Cache dan Lakukan Refresh Halaman

Sebelum melakukan komplain ke pihak server, Anda harus memastikan jika browser Anda tidak bermasalah. Sebab, kadangkala kesalahan tidak terjadi pada server hosting, melainkan pada browser Anda sendiri. Misalnya terlalu banyak sampah yang menjadikan akses internet lambat.

Maka, langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan cache pada browser. Kemudian akses kembali pada website yang ingin Anda buka. Jika cara ini tidak berhasil juga, maka Anda bisa menggunakan cara lain selanjutnya.

2. Nonaktif Koneksi VPN

Apakah Anda penggguna VPN atau Virtual Privat Network? Jika iya, maka nonaktifkan sementara saat terjadi 504 error. Bisa jadi masalah error tersebut diakibatkan oleh server VPN yang Anda gunakan tidak terhubung dengan server utama. Dan apabila masalah ini masih berlanjut, sementara Anda sudah menggunakan server VPN lain. Maka silakan hubungi penyedia VPN untuk menanyakan penyebab masalah tersebut terjadi.

3. Akses Situs Website pada Perangkat Berbeda

Untuk pengecekan error 504 gateway timeout, Anda bisa membuka website di computer atau handphone berbeda. Dari sini Anda akan tahu apakah error 504 terjadi karena kesalahan pada server atau lainnya.

4. Menonaktifkan Plugin WordPress

Untuk menyelesaikan masalah error 504. Anda bisa mencoba langkah selanjutnya, yaitu dengan menonaktifkan seluruh plugin pada wordpress sampai menemukan plugin yang menjadi penyebab error 504. Perhatikan langkah-langkah berikut:

1. Login ke panel pengelolaan hosting. Kemudian masuk ke pengelolaan file (File manager)

2. Arahkan direktori aktif ke direktori plugin yang berisi keseluruhan file plugin pada website Anda.
Rename direktori plugin untuk nonaktif semua plugin secara langsung.

3. Selesai. Silakan akses kembali halaman website Anda.

Kesimpulan

Dari artikel di atas Anda sudah mendapatkan informasi tentang 504 Gateway Time Out Error, penyebabnya, serta cara mengatasinya dengan 5 langkah mudah. Anda bisa praktikkan satu per satu dari 5 cara di atas, ya.

Namun apabila masih terjadi error dan Anda tidak mampu untuk memperbaikinya, silakan Anda melaporkan masalah tersebut pada penyedia hostingnya.

Perlu diingat juga, justru dari permasalahan kecil tentang error pada website Anda. inilah pentingnya memilih jasa hosting terbaik dan terpercaya guna meminimalisir masalah pada website WordPresss Anda terulang kembali.

Jadi, Anda sangat disarankan untuk memilih jasa penyedia hosting yang menawarkan uptime lebih dari 99% dan support terbaik pada pelanggannya. Misal sahabathosting.com, penyedia hosting cloud fire yang siap membantu performa website Anda 99% kecepatannya. Semoga bermanfaat, ya.

14 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like