5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Saat Transfer Domain

Dalam transfer domain ada hal yang penting yang perlu Anda. Karena transfer domain dikontrol oleh sistem, maka ada hal yang diterapkan agar domain berhasil dipindahkan ke tempat yang dituju.

Ada beberapa alasan para registrar melakukan pemindahan nama domain menuju nama registrar baru. Hal ini bisa saja terjadi karena domain registrar lama sudah masuk dalam masa perpanjangan, bisa juga alasan ingin melakukan pindah layanan hosting yang mungkin lebih nyaman.

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam pemindahan domain bisa berhasil diantaranya sebagai berikut:

Domain Lama Minimal Umur 60 Hari

Pastikan umur domain yang ingin kamu pindahkan minimal 60 hari, jika umurnya dibawah 60 maka pemindahan akan gagal dilakukan. Maka dari itu jangan terburu – buru untuk memindahkan domain atau juga membeli domain agar tidak terjadi hal yang menyulitkan.

Masa Aktif Domain Minimal Masih 30 Hari

Jika Anda ingin memindahkan domain Anda ketika kurang dari beberapa hari menuju perpanjangan atau mungkin saja 29 hari dari waktu perpanjangan, pemindahan domain tidak akan berhasil.

Pastikan Domain Sudah Berhasil di Unlock

Hal sering terjadi saat gagalnya perpindahan domain adalah karena klien lupa melakukan unlock pada domain yang ingin dipindahkan. Untuk melihat status apakah status domain Anda lock atau unlock bisa dicek di klien area pada detail domain.

Mengiputkan Kode EPP dengan benar

Kode EPP merupakan kepanjangan dari Extensible Provisioning Protocol. Yang artinya yaitu suatu kode pengamanan untuk proses transfer domain Anda. Tanpa kode ini anda tidak dapat melakukan transfer domain ke registrar lainnya. Atau dengan kata lain, kode ini merupakan suatu kode yang membuktikan bahwa nama domain ini milik anda dan bukan milik orang lain.

Kode EPP terdiri dari kombinasi beberapa huruf dan angka yang sifatnya unik. Perlu diingat, bahwa kode tersebut hanya dimiliki oleh pemilik nama domain.

Penting Mengetahui Aturan Provider Domain Lama Anda

Ada banyak permasalahan yang terjadi para pelanggan Sahabat Hosting saat melakukan transfer domain dari provider lainnya. Hal ini karena kendala TOS yang berbeda dari masing-masing provider penyedia domain. Anda harus bisa membedakan Syarat dan Ketentuan baik itu Provider Lama Anda dan juga Sahabat Hosting.

Kita juga menyarankan untuk senantiasa proaktif untuk diskusi kepada Tim Support provider lama atau baru untuk memastikan pemindahan domain Anda berjalan lancar tanpa kendala.

 

You May Also Like